2011/10/16

Sejarah Singkat Pon. Pes. Nurul Asna

Ponpes Nurul Asna didirikan tanggal 20 Mei 2004 oleh Ky. Nasrul Ulum di Desa Kalirejo Rt.04/Rw.01 Kec. Undaan Kab. Kudus Prof. Jawa Tengah setelah Beliau Mondok/Tafakuh Fiddin di Pon. Pes. Mahair Arriyadl, Ringinagung, Kediri Jatim dalam bimbingan dan asuhan Hadlrotus Syech KH. Hasyim Asy'ari (Pendiri NU) Jombang Jatim.

Tahun 2002 beliau menikah dengan putri KH. Hasanudin Sumur Gunung, Gunung Pati, Ungaran Semarang. Selama kurang lebih 2 tahun beliau di Semarang, Akhirnya pada tahun 2004 Beliau mukim di Kudus dengan diikuti 7(tujuh) orang santri. Sebagai tempat tinggal santri didirikanlah sebuah Gubuk dari bambu. Mengingat santri semakin bertambah, maka pada hari senin 28 April 2008, Pesantren resmi didaftarkan pada notaris H. Imam Zaelani Arifin SH. di Jepara.

Pon. Pes. Nurul Asna, tergolong Pesantren salaf, dengan menggunakan metode campuran ,yaitu metode bandongan dan klasikal. Yakni syistem pengajiannya menggunakan metode satu arah dimana Kyai / Ustadz membaca dan para santri mendengarkan agar kitab yang di kaji sesuai dengan kemampuan. maka Pesantren mengelompokkan santri menjadi lima kelas. Dan setiap kelas memiliki guru dan kitab yang tersusun secara sistematis.

Seiring dengan perkembangan zaman maka santri semakin bertambah kurang lebih 80 santri dari berbagai daerah oleh sebab itu doa restu dari semua pihak (para ulama, pemerintah & masyarakat) sangat di harapkan. Semoga Pon. Pes. Nurul Asna semakin berkembang pesat dalam ikut mengembangkan ajaran islam dan membantu pemerintah dalam menciptakan generasi berilmu, berakhlaqul karimah dan berwawasan yang luas.

Demikian sekilah sejarah Pon. Pes. Nurul Asna Kalirejo Undaan Kudus Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar